Kamis, 13 Oktober 2011

Pendidikan Keluarga


Selamat Siang Netter yang baik ..
Siang -siang gini enaknya ngapain ya ..??
Oiya .. Sudahkah kalian membaca buku-nya Mbak Hanum yang judulnya "Menapak jejak Amien Rais"?

Dilihat dari sinopsisnya, buku tersebut banyak mengulas mengenai pendidikan keluarga.
Seorang anak yang sangat bangga dengan ayahnya, dan ingin membagi kebahagiaan itu kepada orang lain.

Keluarga merupakan tempat belajar yang pertama bagi anak. Pendidikan keluarga adalah pendidikan nonformal yang ternyata lebih penting daripada pendidikan formal. Sebuah pendidikan yang diajarkan oleh anak semenjak kecil, akan tertanam kuat dalam hidupnya.

Pendidikan tersebut lebih banyak mengacu kepada pendidikan moral anak. Secara bawah sadar, anak akan meniru kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya. Diajarkan atau tidak diajarkan, hal itu secara tidak sadar terekam menjadi sebuah belief dalam diri anak.

Pendidikan moral, diberikan oleh orang tua kepada anaknya sepanjang hayat. Sebagaimana lagu anak-anak jaman doeloe .. Hanya dengan pengabdian dan ketulusan hati, segala yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik kepada si anak.

kasih ibu kepada beta
tak terhingga sepanjang masa
hanya memberi tak harap kembali
bagai sang surya menyinari dunia


Pendidikan keluarga sangat berdampak bagi kehidupan si anak ketika dewasa. Orangtua yang acuh terhadap kehidupan si anak akan berakibat si anak menjadi orang yang brutal, karena kurangnya kasih sayang dari orangtua.

Kejahatan yang sering terjadi di dunia ini, kemungkinan berasal dari kehidupan keluarga yang buruk. Kurangnya perhatian dari orangtua membuat mereka mencari perhatian di luar rumah.

Lepas dari semua itu, tak dapat dipungkiri lagi bahwa kesadaran diri juga banyak berperan dalam membentuk diri. Orang yang sadar akan hidup dan tanggung jawab, akan berpikir ulang untuk melakukan kebrutalan, karena hidupnya lebih berharga dan mereka dapat menjadi orang yang terkenal dengan cara yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner